Cara Mengatasi Lan Card Bermasalah

Kali ini saya akan berbagi cerita tentang pengalaman saya dalam Mengatasi Lan Card yang bermasalah. Saat menuliskan blog ini, sudah dua kali saya mendapatkan masalah yang sama pada Lan Card di komputer saya (komputer yang berbeda). Kebetulan saya punya 11 unit komputer yang tergabung dalam satu jaringan LAN dan saya gunakan untuk warnet dan rental komputer.

Kejadian yang pertama dua hari sebelum blog ini ditulis, masalahnya yaitu tiba-tiba saja sambungan LAN terputus. Setelah saya cek setting, tidak ada yang berubah. saya cek Driver, OK. cek di Resources device, no conflict, cek kabel OK, akhirnya berbagai cara saya lakukan hingga berujung pada install ulang dan akhirnya jadi... LAN tersambung lagi.

Duh, saya pikir itu mah bukan solusi mengatasi masalah yang tepat, tapi itu adalah alternatif terakhir karena sudah putus asa.

Beberapa jam sebelum blog ini ditulis saya mendapatkan masalah yang serupa, lebih fatal lagi karena terjadi pada komputer yang saya gunakan untuk server billing. Pusing tujuh keliling.

Browsinglah kesana kemari, ga ada solusi yang tepat... informasi yang saya dapat mayoritas menjelaskan identifikasi hardware yang mendeteksi kabel, setting IP Address, Kesalahan memasang RJ45, dan ujung2nya ganti LAN Card.

Kedua kalinya saya dibuat pusing oleh masalah yang sama. Dan akhirnya saya putuskan untuk melepaskan baterai CMOS lalu jumper cmos saya posisikan pada posisi CLEAR. hingga yang terjadi CMOS harus diset ulang. Sedikit berdebar menunggu tampilan Logon Windows.

Dan Setelah itu saya langsung pasang kabel LAN ke portnya..., sedikit harapan datang ketika saya melihat lampu lan card menyala hijau. Dengan penuh berharap saya lanjutkan menset IP Addres dll dan TRIIIIING. Akhirnya tersambung juga.... spontan saya mengambil nafas LEEEGGGAAAAAA..... dan akhirnya teratasi masalah dengan solusi tsb di atas. Semoga tulisan ini bermanfaat jika ada diantara para pembaca yang mengalami masalah yang sama.

Baca juga artikel menarik lainnya tentang Cara Menghidupkan Komputer Dengan Wake On Lan, Klik Disini, Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan komentar,